Home » flashnews » Manajemen Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Mewujudkan Generasi Emas NTB

Manajemen Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Mewujudkan Generasi Emas NTB

Semnas Ap 2

Mataram: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) IKIP Mataram Memiliki 4 (Empat) Program Studi yaitu Program Studi Teknologi Pendidkan, Bimbingan dan Konseling, Administrasi Pendidikan dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah.  Pada hari Sabtu, 13 Juni 2015 Program Studi Administrasi Pendidikan mengadakan Seminar Nasional dimulai pukul 08.00 sampai 12.30 Dengan Tema “Manajemen Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Mewujudkan Generasi Emas NTB” Di Aula Handayani IKIP Mataram dengan peserta dari para Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Se-NTB, Pemerhati Pendidikan, Dosen, Mahasiswa dan Alumni.

Semnas Ap 3

Dalam Kegiatan Seminar Nasional Jurusan Administrasi Pendidikan dengan menghadirkan narasumber:

  1. Udin Syaefudin Saud, M.Ed.,Ph.D. {(Guru Besar Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung beliau juga sebagai Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI)}. Menurut Prof. Udin Syaefudin Saud: Menuju Sekolah/Madrasah Masa Depan Yang Unggul adalah pemimpin yang memiliki kemampuan administrasi sekolah yang professional. Adapun Profil Lulusan Program Studi Administrasi Pendidikan: Administrator/pimpinan pada lembaga pembina pendidikan; Pengawas sekolah/madrasah; Kepala sekolah/madrasah; Manajer sekolah/madrasah; Pengelola lembaga penyelenggara pendidikan formal/non formal; Peneliti bidang administrasi pendidikan; Staf pendukung penyelenggara pendidikan formal/nonformal
  2. Ir. Noor Endah Mochtar, M.Sc.,Ph.D. {(Koordinator Nasional Educational For Sustainable Development (ESD), (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemdikbud)}. Menurut apa yang disampaikan oleh Prof. Ir. Noor Endah Mochtar, M.Sc.,Ph.D dalam Membangun Generasi Emas dilakukan melalui Education for Sustainable Development (ESD) atau Pendidikan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan, dimana merupakan proses pendidikan untuk pembangunan manusia (human development) dengan cara yang inclusive, adil, dan aman (secure).
  3. Agnes Tuti Rumiati, M.Sc (Ketua Unit Kerja Menteri Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKMP3), Kemdikbud). Menurut Dr. Agnes Tuti Rumiati, M.Sc: Sekolah berbudaya mutu adalah sekolah yang dapat MEMASTIKAN terselenggaranya Pendidikan yang bermutu dimana: Sekolah paham dengan kondisi mutu pendidikan yang sedang dijalankan; Mampu membuat perencanaan peningkatan mutu; Mampu meningkatkan mutu (manajemen dan proses pembelajaran); Mampu melakukan evaluasi mutu pengabdian kepada masyarakat. (MAH: 240615)

Semnas Ap 4