Home » article » DOSEN IKIP MATARAM MENJADI PENYAJI DAN PENYAJI POSTER TERBAIK PADA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENINGKATAN KAPASITAS: PENELITIAN DOSEN PEMULA, TAHUN PENDANAAN 2016

DOSEN IKIP MATARAM MENJADI PENYAJI DAN PENYAJI POSTER TERBAIK PADA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENINGKATAN KAPASITAS: PENELITIAN DOSEN PEMULA, TAHUN PENDANAAN 2016

Mataram 1 April 2017, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembagan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelengarakan Seminar Hasil Penelitian Peningkatan Kapasitas: Penelitian Dosen Pemula (Yang Sudah Selesai Tahun 2016) Tahun 2017 Untuk Wilayah Mataram sejak tanggal 31 Maret 2017 sampai dengan 1 April 2017. Yang bertempat di Golden Palace Hotel Lombok jalan Sriwijaya No 38 Mataram Provensi Nusa Tenggara Barat. Dari 86 Peserta yang berasal dari 22 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat yang mengikuti Seminar Hasil PDP, maka IKIP Mataram menjadi penyumbang peserta terbanyak yaitu 29 Peserta Penelitian Dosen Pemula (PDP) Tahun Pendanaan 2016.

Peningkatan Kapasitas Riset meliputi skema penelitian Dosen pemula (PDP), Peneltian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PEKERTI), Penelitian Pascasarjana (PPS), Penelitian Disertasi Doktor (PDD), Penelitian Pascadoktor (PPD), Penelitian Pendidikan Magister menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul (PMDSU).  Skema penelitian tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dosen pemula dalam bidang penelitian, dan mendorong percepatan peningkatan kualifikasi dosen melalui peningkatan kapasitas penelitian. Upaya ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional sehingga dapat berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa melalui pendidikan, peneitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian Dosen Pemula (PDP) merupakan skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Kelompok Binaan. Selain untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dosen pemula, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik local maupun nasional terakreditasi. Setelah penelitian selesai, maka peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi.

Penyelengaraan Seminar Hasil Penelitian Peningkatan Kapasitas Riset (yang sudah Selesai tahun 2016) bertujuan untuk: memberikan kesempatan kepada pelaksana penugasan Penelitian Peningkatan Kapasitas Riset (Penelitian Dosen Pemula) yang telah selesai tahun 2016 untuk mempresentasikan dan melaporkan hasil luaran kegiatan penelitian kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, tim pembahas dan peserta lainnya; mengarahkan dan mebina kemampuan meneliti dosen pemula; menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, baik local maupun nasional terakreditasi; meninisiasi peta jalan penelitinnya; memfasilitasi sharing dan diskusi hasil-hasil penelitian dalam rangka meningkatkan kapasitas riset; mendiskusikan/mengidentifikasi keberhasilan dan berbagai hambatan yang dihadapi para peneliti dalam upaya merealisaikan capaian penelitian yang ditargetkan.

Penyelengaraan Seminar Hasil Penelitian Peningkatan Kapasitas Riset (yang sudah Selesai tahun 2016) diharapkan dapat memberikan manfaat bagi: Berkembangnya kondisi yang berorentasi pada pemahaman pentingnya penelitian yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat (mempunyai dampak sosial) serta pengembagan pengetahuan; Berkembangnya kondisi yang berorientasi pada pemehaman pentingnya penelitian yang harus dilakukan secara terprogram dan berkesinambungan; Terciptanya kondisi yang mengarah kepada suasana akademis yang dinamis; Terhimpunnya informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai landasan bagi pengembagan program penelitian di perguruan tinggi; Membangun budaya dan akuntabilitas penelitian di perguruan Tinggi.

Peserta/Penyaji adalah peneliti perguruan tinggi yang telah menerima dana dan telah selesai melaksanakan penelitinnya serta diundang untuk mempresentasikannya dalam Seminar Hasil Penelitian Peningkatan Kapasitas Riset (Penelitian Dosen Pemula) sebanyak 86 Peneliti, terdiri dari 22 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, yaitu: IKIP Mataram (29 Peserta), Politeknik Medica Farma Husada Mataram (1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram (2), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wirawacana (4), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhamadiyah Bima (2), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Mbojo (4), STIBA Bumi Gora Mataram (1), STIKES Yarsi Mataram (1), STKIP Paracendikia NW Sumbawa (1), STKIP Taman Siswa Bima (2), STKIP Weetebula (2), STMIK Bumi Gora (5), STMIK Lombok (2), STT Hanzanwadi (1), Universitas 45 Mataram (1), Universitas Cardova (3), Universitas Gunung Rinjani (2), Universitas Mahasaraswati Mataram (1), Universitas Muhamadiyah (10), Universitas Nahdatul Wathan Mataram (4), Universitas Nusa Tenggara Barat (7), Universitas Teknologi Sumbawa (1).

Persyaratan yang harus dipatuhi oleh peserta/penyaji seminar hasil penelitian peningkatan kapasitas Penelitian Dosen Pemula, adalah sebagai berikut: peserta/penyaji adalah peneliti perguruan tinggi yang telah menerima dana dan telah selesai meklaksanakan penelitiannya pada tahun 2016 serta diundang sebagai peserta di seminar hasil penelitian; bersedia sepenuhnya mengikuti kegiatan selama seminar berlangsung; membawa bahan presentasi dalam bentuk sofcopy (di dalam flash disk atau CD); dan membawa poster dan produk penelitian.

Dalam mempresentasikan hasil penelitian seluruh peserta/penyaji dibagi menjadi empat kelompok dan serta setiap kelompok didampingi oleh seorang tim pendamping pembahas. Pembahasan pada setiap kelompok yang dilakukan oleh para penyaji hasil penelitian disediakan waktu 10 menit untuk menyajikan tentang penelitan yang telah dilakukannya, dengan menjelaskan mulai dari judul, tim peneliti, latar belakang, luaran yang dijanjikan, pustaka, metode penelitian, pembahsana, serta hasil luaran yang telah dijanjikan. Setelah peserta/penyaji selesai melakukan presentasi hasil penelitian Selanjutnya dilakukan diskusi antara peserta/penyaji hasil penelitian dosen pemula dengan Tim Pembahas yang ditugaskan di dalam kelompok tersebut, selanjutnya dilakukan penilaian poster penelitian.

IMG-20170401-WA0016

Golden Palace Hotel Lombok: Para Peserta Penyaji dan Penyaji Poster Penelitian terbaik pada Seminar hasil penelitian PDP Tahun 2016 (31 Maret 2017)

Setelah para peserta/penyaji disetiap kelompok selesai mempresentasikan hasil penelitian di depan para tim pembahas. Maka para tim pembahas melakukan rapat peleno untuk menentukan 3 orang peserta/penyaji dan 3 orang penyaji poster terbaik yang selanjutnya diumumkan pada sesi peneutupan. Dari hasil diskusi dalam rapat pleno oleh tim pembahas maka 3 peserta/penyaji hasil penelitian dari IKIP Mataram meraih penyaji dan penyaji poster terbaik, yaitu: dari kelompok Penyaji hasil penelitian terbaik diaraih oleh: Hariadi Ahmad, M.Pd Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Judul Penelitian “Implementasi Buku Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah”, dari kelompok penyaji I. Pada kelompok Penyaji Poster terbaik diaraih oleh: Pertama, Ita Charun Nissa, M.Pd Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dengan Judul Penelitan “Pengembagan Model dengan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika” dari kelompok penyaji I. Dan kedua, Eliska Juliangkary, M.Pd Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dengan Judul Penelitan “Pengembangan Model Teori Graph dengan Pembelajaran Berbasis Masalah PBL” dari kelompok penyaji III. (Memed, 010417)