Home » headlines » DOSEN IKIP MATARAM MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT STRATEGI MENEMUKAN MASALAH LOKAL BERBASIS SOLUSI LOKAL

DOSEN IKIP MATARAM MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT STRATEGI MENEMUKAN MASALAH LOKAL BERBASIS SOLUSI LOKAL

MUJIB 1

Tanak Maik, 15 Agustus 2018. Pendidikan yang dimulai dari sejak dini dipersiapan menuju pendidikan kejenjang sekolah dasar adalah masa awal anak untuk betul-betul dibimbing sesuai dengan perkembangannya, hal ini tentunya harus disadari oleh semua pendidik untuk mengantarkan anak-anak penerus cita-cita bangsa ini menjadi generasi yang lebih baik kedepannya. Sekolah/madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan bagi semua jenjang penididikan, terselenggaranya pendidikan yang berkualitas dan bermutu tentu harus didukung oleh sumberdaya dan sarana yang mendukung. Sumberdaya dalam hal ini guru merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas, terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan, menggugah, menginspirasi, yang penuh dengan nuansa kasih dan sayang perlu untuk dilaksanakan. Terkadang kita miris melihat pemberitaan yang disiarkan melalui televisi atau yang disebar melaui media masa bahkan informasi lewat medsos, masalah-masalah yang berkaitan dengan pendidikan, siswa membunuh gurunya, siswa memakai narkoba, dan perbuatan menyimpang lainnya. Jika ditanya dari mana sumber masalahnya, maka semua akan saling tuding dan bahkan saling menyalahkan, bahwa ini akibat dari pendidikan yang tidak mendidik, akibat dari medsos, dari tanyangan Televisi yang kurang mendidik, dan seterusnya. Lalu untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi saat ini banyak alternatif yang ditawarkan, baik dari segi pendidikan maupun dari segi yang lainnya. Banyak pendekatan, strategi, model, metode, teknik bahkan taktik yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan tujuan supaya apa yang ingin disampaikan oleh guru diterima dengan baik oleh peserta didik, namun sepertinya ada yang mis dalam pelaksanaannya. Salah satu alternatif untuk mengatasi terjadinya mis dalam proses tersebut penting untuk dilaksanakan bagaimana stategi menemukan masalah yang terjadi disekolah tempat guru mengajar menjadi salah satu strategi untuk mencipakatan solusi pemecahan masalah yang dialami sekolah tersebut, karena antara satu sekolah dengan sekolah yang lain belum tentu masalah yang dihadapi sama. Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram, dengan tema “Pelatihan Strategi Menemukan Masalah Lokal Berbasis Solusi Lokal Melalui Tool Problem Tree Analisis Di Pondok Pesantren As-Shamadi NW Tanak Maik” merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan hal diungkapan oleh Mujiburrahman, M.Pd selaku ketua tim dalam pelaksanaan pengabdian tersebut. Hal senada juga disampaikan oleh Mustakim, M.Pd dan Ahmad Muzanni, M.Pd selaku anggota tim dari pengabdian tersebut.

Para guru ponpes as-shamadi antusias mengikuti kegiatan tersebut karena kegiatan ini sangat penting untuk diketahui bagaimana menyelesaikan masalah lokal berbasis solusi lokal yang nantinya oleh tim diajarkan terik-teriknya ungkapan kepala sekolah MTs NW Tanak maik masbagik utara Agus Khairi, M.Pd. (Mujib, 16/8/18).